Terduga ISIS di Malaysia Siap Lakukan Bom Bunuh Diri


KUALA LUMPUR – Kepolisian Malaysia menangkap seorang terduga ISIS di Stasiun Jelatik, Kuala Lumpur pada Jumat 15 Januari. Penangkapan tersebut terjadi setelah Negeri Jiran mengetatkan penjagaan di area-area publik usai bom di kawasan Sarinah, Jakarta.

Saat ditangkap, pria berusia 28 tahun itu membawa beberapa pucuk senjata api beserta dokumen-dokumen mengenai ISIS di ranselnya.

Guardian melaporkan, pada Sabtu (16/1/2016), Ketua Polisi Malaysia, Inspektur Jenderal Khalid Abu Bakar menyatakan, pria itu mengakui dirinya akan melakukan serangan bom bunuh diri usai menjalani pemeriksaan. Dia mengaku mendapatkan perintah untuk melakukan aksinya dari anggota ISIS di Suriah.

Khalid juga mengatakan kepolisian berhasil menahan tiga orang lain pada 11-15 Januari yang dicurigai sebagai simpatisan ISIS. Ketiganya ditangkap saat hendak terbang ke Turki di Bandara Internasional Kuala Lumpur. Diduga mereka hendak menyeberang ke Suriah seusai mendarat di Istanbul, sesuatu yang lazim dilakukan anggota ISIS asal luar negeri.

Komentar

Postingan Populer