Kronologi Ledakan Hingga Baku Tembak Selama 21 Menit di Jl Thamrin


Bagus Prihantoro Nugroho
FOKUS BERITA:Teror di Jakarta
Jakarta - Dua hari berlalu sejak teror yang terjadi di Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat penyelidikan dan pengejaran terhadap jaringan teroris terus dilakukan. Dalam waktu 21 menit, beberapa pelaku teror berhasil dilumpuhkan.

"Jadi semua hanya berjalan 21 menit. Mereka dilumpuhkan sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedure), setelah itu kami melakukan penyisiran dan tak ada pelaku lagi. Semua rutinitas kegiatan normal kembali," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Muhammad Iqbal di markasnya, Jl Sudirman, Jakarta, Sabtu (16/1/2016).

Berikut kronologi kejadian pada Kamis (14/1) yang dijabarkan oleh Kombes Iqbal:

Pukul 10.45 WIB

Terjadi ledakan pertama di Starbuks Cafe. Selang 20 detik, terjadi ledakan di Pos Lalu Lintas Sarinah. Kemudian warga berkerumun dan polisi mensterilkan kendaraan.

Pukul 10.55 WIB

Semua masih melihat pos lantas itu, tak lama kemudian datang anggota kepolisian lagi untuk memperkuat pengamanan.

Di kerumunan ada dua terduga pelaku bernama Afif alias Sunakim dan M Ali sudah jalan dari arah Starbucks. Di kerumunan itu pelaku melakukan penembakan. Setelah itu terjadi baku tembak, semua masyarakat menghindar dan lokasi kosong.

Pukul 11.06 WIB

Terjadi tembak menembak, hanya 6 - 10 menit dan pelaku dilumpuhkan. Sebelum itu pelaku melempar dua benda yang diduga bom ke arah mobil.

Setelah itu kondisi sudah bisa dikuasai oleh kepolisian. Dilakukan penyisiram sesuai ketentuan yang berlaku mulai pukul 12.00 WIB - 15.00 WIB.

Komentar

Postingan Populer